Kesalahan SEO Yang Sering Dilakukan Blogger

Setiap blogger pasti pernah mendengar kata SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimazation yang berarti mengoptimasi mesin pencarian. Hukumnya belajar SEO wajib pagi blogger. Tahukah kamu daftar kesalahan seo yang sering dilakukan blogger? Kali ini kita akan membahas tentang kesalahan seo.

Daftar Kesalahan SEO

Blogger harus tahu seluk beluk tentang SEO. SEO itu luas dan berubah – ubah. Belajar SEO sangatlah mudah, jika kamu bersungguh – sungguh.

Kamu juga wajib menghindari kesalahan SEO. Kalau dibiarkan bisa bahaya untuk blog. Berikut daftar kesalahan seo, menurut Manusia Blogger.

1. Terlalu Banyak Kata kunci

Menetapkan kata kunci dalam artikel adalah keharusan blogger. Bukan berarti banyak kata kunci itu bagus. Ingatlah bahwa sesuatu yang berlebihan tidak baik. Fenomena ini dinamakan keyword stuffing.

Kenapa kata kunci berlebihan mempengaruhi SEO? Sebenarnya jawaban ini berasal dari pembaca. Kata kunci yang berlebihan bisa membuat artikel buruk.

Baca juga : Domain XYZ Lebih Baik Daripada COM

Misalnya anda menetapkan kata kunci Blogger Sukses. Jika ditulis dalam artikel adalah “Manusia Blogger merupakan salah satu blogger sukses. Blogger sukses ini menggunakan WordPress pada situsnya.” Bagaimana menurutmu? Kalimat diatas tidak enak dibaca.

Coba bandingkan dengan ini. “Manusia Blogger merupakan salah satu blogger sukses. Situsnya menggunakan WordPress.” Tentu lebih baik kalimat yang ini dibanding sebelumnya.

2. Tidak Pernah Promosi

Promosi adalah teknik SEO Off Page. Kegiatan ini sangat penting, terutama website baru. Orang tidak akan pernah tahu blogmu, sebelum kamu berpromosi. Jangan pernah beranggapan bahwa visitor akan datang sendiri, kecuali artikelmu viral.

Kualitas lebih baik daripada kuantitas dalam berpromosi.

Lakukan promosi yang baik. Jangan terlalu sering, bisa jadi situs anda dianggap spam. Carilah tempat yang ramai agar tidak sia – sia.

3. Sibuk Desain Adalah Kesalahan SEO

Blogger jaman sekarang lebih mengutamakan desain daripada artikel. Cobalah melihat blog, terutama Blogspot yang terlalu banyak widget. Saya akui blog mereka bagus, seperti tersedianya fitur night mode.

Baca juga : Membangun Blog Dengan Sedikit Biaya

Tetapi soal artikel, blog saya lebih baik daripada mereka. Kebanyakan artikel mereka sudah bisa ditebak : desain blog pasaran, download tema yang itu – itu saja, dan masih banyak lagi.

Padahal blogger terkenal, seperti Mas Sugeng, Blogodolar dan Mas Timon memakai desain simpel dan minimalis. Selain itu penghasilan mereka lebih menarik daripada blogger yang terlalu banyak desain.

Sebaiknya buat blog sesederhana mungkin. Saya akan tuliskan dibawah.

  • Tersedianya navigasi
  • Loading cepat
  • Tidak menganggu pengalaman pembaca

4. Melupakan Deskripsi, Tag, dan Kategori

Kebanyakan blogger sering menanggap remeh menu deskripsi, tag, dan kategori. Padahal itu semua bisa membantu mengoptimasi pencarian. Siapa tahu tag ” Raisa Sexy ” di artikel kamu bisa muncul saat orang mencari Raisa.

5. Meremehkan Riset Keyword

Tahukah kamu bahwa artikel ini lahir karena riset keyword? Kata kunci kesalahan seo mempunyai pencarian sedang dan tingkat kesusahan rendah. Saya langsung segera membuat artikel.

Beberapa blogger masih mengesampingkan kegiatan riset keyword. Padahal bisa saja blog kamu menjadi terkenal karena kata kunci saat meriset. Dengan riset kata kunci, anda jadi tahu tentang apa yang sedang dicari sekarang. Selain itu kamu bisa menemukan topik terbaru dengan related keyword.

6. Kesalahan SEO Karena Tidak Daftar Google Webmaster

Karena Google adalah mesin pencarian terpopuler, maka situs anda harus didaftarkan Google Webmaster. Tahap ini sangat wajib. Website anda tidak bisa muncul, sebelum didaftarkan. Bisa jadi artikel anda yang dicari orang saat menjelajah internet.

Alif Radhitya
Alif Radhitya

Saya sudah memulai blog sejak 2014 dan semi blogger adalah aktivitas saya di kala senggang.

8 thoughts on “Kesalahan SEO Yang Sering Dilakukan Blogger”

Leave a Comment